Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Aplikasi Pokemon Go Palsu Berbahaya Untuk Smartphone Anda

Aplikasi Pokemon Go Palsu - Sejak diluncurkan beberapa waktu yang lalu, aplikasi Pokemon Go telah menjadi fenomena di berbagai negara.

Namun, ternyata juga banyak dilaporkan applikasi yang terkait dengan Pokemon Go ini sebagai aplikasi yang jahat.

Menurut para peneliti dari firma keamanan antivirus yaitu ESET, aplikasi jahat ini telah menggunakan beberapa nama yang berhubungan dengan judul Pokemon tersebut, sehingga pastinya banyak menarik perhatian orang-orang untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Awas Aplikasi Pokemon Go Palsu Berbahaya Untuk Smartphone Anda
Pikachu

ESET menemukan bahwa 72 jam setelah aplikasi ini diluncurkan di Australia dan Selandia Baru pada tanggal 4 Juli 2016 lalu, banyak versi perangkat android yang terinfeksi. Jadi bagi mereka yang mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, tanpa menunggu aplikasi secara resminya dirilis seperti menggunakan DroidJac akan memiliki resiko tinggi. Aplikasi ini berbeda dari versi resminya, namun bisa membodohi siapa saja yang menggunakannya, sebab aplikasi ini memberikan semua fungsi dari aplikasi yang legal.

DroidJack atau juga yang dikenal dengan SandroRAT akan memberikan penyerang akses penuh pada perangkat yang terinfeksi.

Jenis aplikasi palsu Pokemon

Aplikasi lainnya yang bernama Pokemon Go Ultimate, merupakan aplikasi yang paling memberikan ancaman pada perangkat anda. Karena sementara menyerupai game tersebut, aplikasi ini dapat mengunci layar saat perangkat akan melakukan startup.

Jika ini terjadi pada perangkat anda, maka reboot secara simpel tidak akan bekerja, karena aplikasi tersebut telah berada pada sistem.

Untuk mengatasinya, pengguna yang layarnya terkunci dapat mencopot baterainya terlebih dahulu, atau menggunakan Android Device Manager.

Bagaimanapun, setelah reboot dilakukan, aplikasi jahat ini masih berjalan pada sistem background,  yang akan menampilkan konten-konten dew*asa. ESET menyarankan agar secara manual meng-uninstal PI Network, yang terdapat pada manajer aplikasi para pengguna.

Selain Pokemon Go Ultimate yang berbahaya, ESET juga menemukan dua aplikasi lainnya yang menghuni Google Play, yaitu "Guide & Cheats for Pokemon Go" dan satu lagi adalah "Instal Pokemongo".

ESET menyatakan bahwa kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang mencurangi anda, memberikan pesan suara yang menakutkan yang didesain untuk mengelabui para pengguna sehingga mereka membeli pelayanan yang mahal dan tidak diperlukan. Bahkan diantara pesan palsu tersebut akan memberitahu pada pengguna bahwa perangkat mereka telah terinfeksi oleh malware, dan meminta agar pengguna menggunakan sejumlah uang untuk menghilangkan aplikasi jahat tersebut.

Karena Pokemon Go belum tersedia dibeberapa negara, maka mengguankan aplikasi dari pihak ketiga merupakan hal yang beresiko, terutama bagi para fans fanatik game ini. Selanjutanya, terkait dengan beberapa aplikasi yang berbahaya di atas, Google telah menghilangkannya dari Google Play setelah ESET melaporkan mengenai bahayanya aplikasi ini.

Google menyarankan agar para pengguna mendownload apliksi ini pada Google Play, untuk menjalankan aplikasinya pada perangkat android mereka. Selain itu, pengguna juga diharapka untuk dapat menginspeksi secara cermat mengenai siapa publisher-nya, jumlah pengunduhan terhadap aplikasi yang sudah dilakukan, dan data lainnya sebagai indikasi bila ada kecurangan dari aplikasi tersebut sebelum melakukan penginstalan.

Demikianlah informasi mengenai Aplikasi Pokemon Go Palsu Berbahaya Untuk Smartphone Anda, semoga bisa menambah pengetahuan serta membuat anda waspada mengenai aplikasi-aplikasi palsu yang dapat merugikan anda.

Post a Comment for "Awas Aplikasi Pokemon Go Palsu Berbahaya Untuk Smartphone Anda"