Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Wifi dan Download

Sebagai pengguna smartphone, pastinya anda sering mencari cara untuk bisa mempercepat koneksi internet android anda ketika mengakses internet melalui jaringan Wifi. Kecepatan tersebut tergantung pada jaringan internet dan kinerja smartphone itu sendiri. Tanpa internet, maka anda tidak bisa melakukan banyak hal dengan ponsel mahal tersebut.

Namun juga, koneksi internet yang lambat hanya membuat jengkel dan membuang-buang waktu saja. Jadi anda pasti memerlukan jalan keluar berupa alternatif yang berguna untuk meningkatkan laju internet pada ponsel android anda.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan internet dari smartphone adalah :

  • Prosesor
  • RAM
  • Wifi, ketika anda mengakses internet melalui jaringan ini.
Jadi untuk memperoleh laju internet yang maksimal, maka faktor-faktor tersebut di atas perlu diperhatikan.

jaringan_wifi
Jaringan Wifi memberikan kemudahan dalam mengakses internet

Bagaimana Cara Untuk Mempercepat Koneksi Internet Android Melalui Jaringan Wifi?


Terdapat banyak tips dan trik untuk mempercepat koneksi Wifi untuk ponsel android  anda. Anda bisa menggunakan cara manual ataupun cara yang lebih praktis dengan bantuan aplikasi. Berikut ini adalah saran yang bisa anda coba untuk memaksimalkan akses internet dengan kinerja smartphone anda.

Aplikasi Untuk Menambah Kecepatan Wifi Pada Android

Dua aplikasi berikut ini bisa anda coba:

  1. Wifi | Mobile Network Speed
    Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan ponsel dan juga akses internet. Fitur yang dimilikinya adalah mengukur kecepatan aplikasi pada saat real time, sebagai berikut :

    - Menemukan jaringan Wifi publik terbaik
    - Membersihkan saluran Wifi Home pada perangkat anda
    - Memilih jaringan yang terbaik dengan cara membandingkan Wifi dan penggunaan data seluler,   kemudian memilih mana yang terbaik untuk digunakan.
    - Mengatur pemakaian data sehingga tidak melebihi kuota

  2. Wifi Booster & Analyzer 2016
    Aplikasi yang satu ini merupakan tool untuk menganalisa Wifi seperti profesional, karena mampu memeriksa koneksi Wifi dan internet kemudian akan membantu anda untuk meningkatkan kecepatan Wifi atau internet tersebut.

    Fitur dari aplikasi ini adalah :
    - Menampilkan informasi mengenai jaringan Wifi dan kekuatan sinyal Wifi
    - Menyediakan mode boosting secara manual dengan network analyzer sehingga mampu meningkatkan performa perangkat anda.
    - Mendeteksi hotspot nirkabel, Wifi thether dan direct atau sebagai detektor Wifi.
    - Memonitor dan menganalisa kecepatan jaringan di belakang layar untuk memastikan anda menggunakan jaringan yang tercepat.

    Dengan kedua aplikasi di atas, anda hanya bisa meningkatkan kecepatan pada jaringan Wifi, bukan pada jaringa 2G, 3G ataupun 4G.

Cara Meningkatkan Kecepatan Download Internet Android


Seperti sudah diketahui, kecepatan internet yang kita akses tersebut bergantung pada penyedia layanan internet (Internet Service Provider / ISP). Namun, ternyata tidak hanya bergantung pada ISP ini saja.

Misalnya anda dan teman anda mengakses internet pada area yang sama, pada jaringan yang sama, namun menggunakan perangkat yang berbeda. Setelah anda amati, ternyata kecepatan internet yang dimiliki oleh smartphone teman anda tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan milik anda, ataupun sebaliknya, oleh karena itu, kecepatan internet ini juga berhubungan dengan bawaan perangkat tersebut.

Jadi berikut ini adalah langkah-langkah manual yang bisa anda coba untuk mendapatkan kecepatan akses internet yang lebih baik :

  1. Bersihkan cache

    Pada umumnya smartphone android menjadi lambat karena karena kurangnya memori cache. Memori cache ini terbatas dan bisa menjadi penuh ketika berbagai aplikasi dijalankan. Oleh sebab itu, anda perlu membersihkan cache ini secara teratur untuk menjaga kinerja smartphone anda.
  2. Hentikan pengoperasian aplikasi yang tidak dibutuhkan

    Beberapa aplikasi beroperasi di belakang layar, dan mengambil banyak 'jatah' dalam bagian yang besar dari prosesor. Jadi anda perlu mengidentifikasi aplikasi tersebut, dan menutupnya.

    Anda juga bisa mencopot pemasangan aplikasi yang tidak diperlukan, karena dapat mengurangi performa dari smartphone tersebut.
  3. Pemilihan browser yang tepat

    Browser memegang peranan penting dalam kecepatan internet untuk berbagai perangkat. Mungkin anda bisa mencoba browser yang sudah populer seperti UC Browser ataupun Opera yang dikenal memiliki laju transfer data yang tinggi. Kemudian anda bisa membandingkan dengan browser yang selama ini anda gunakan.
  4. Mengatur perizinan aplikasi untuk mengakses data-data

    Banyak aplikasi yang tetap menggunakan data dibelakang layar, seperti Gmail, games atau aplikasi lainnya. Karena hal ini, maka kecepatan smartphone dapat berkurang dan pemakaian data bertambah banyak.

    Jadi anda perlu untuk memilih aplikasi yang benar-benar penting untuk selalu mengkases data secara otomatis dari internet. Anda juga bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Task Manager dan memblok aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengakses data.
  5. Meningkatkan kekuatan jaringan dengan aplikasi

    Salah satu alasan utama, mengapa proses download android menjadi lambat adalah kurangnya kekuatan jaringan pada lokasi anda. Untuk membantunya, anda bisa menggunakan applikasi booster network, ataupun bisa melakukan pengaduan pada penyedia layanan internet yang anda pilih.
Demikianlah beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet android Wifi yang bisa anda coba. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Wifi dan Download "