Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Web Hosting Dan Domain?

Apa itu web hosting dan domain - Adalah merupakan hal yang lumrah bagi pemula yang merasa bingung antara perbedaan web hosting dan nama domain. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan di bahas mengenai perbedaan antara dua hal tersebut.

domain

Penjelasan Web Hosting Dan Nama Domain

Untuk memudahkan, diibaratkan seperti rumah, nama domain adalah alamat rumah anda, dan web hosting merupakan area di rumah anda untuk meletakkan perabot atau furniture di rumah tersebut.

Seperti sudah anda ketahui, untuk penamaan website, tidak menggunakan nama jalan ataupun kode area, melainkan suatu set huruf dan atau angka digunakan untuk penamaanya.

Hal tersebut juga berlaku untuk hosting. Jika diibaratkan perabot atau furniture itu adalah file data, maka mereka diletakkan di dalam area-area rumah hosting tersebut.

Pengertian Nama Domain

Ketika anda melakukan pendaftaran untuk domain, maka anda memiliki dan memberi nama website anda tersebut. Tidak ada seorangpun yang boleh menyamai nama website yang sudah anda pilih tersebut.

Namun, walaupun anda sudah memiliki domain, namun anda belum bisa atau siap untuk meluncurkan website anda pada dunia. Untuk melakukan pengoperasian pada website, anda memerlukan nama domain dan konfigurasi yang tepat dari web server (hosting). Selain itu ada juga yang di kenal dengan DNS, namun itu tidak di bahas di sini.

Yang penting adalah nama domain itu seperti alamat rumah anda, dan hanya dapat di daftarkan melalui penyedia nama domain.

Pengertian Web Hosting

Web hosting bisa diartikan sebagai server web / komputer besar yang menyimpan banyak file data. Penyedia layanan web hosting ini pada umumnya menyewakan server web dan koneksi jaringan tersebut pada pengguna akhir atau reseller.

Dalam kebanyakan kasus, maka penyedia hosting ini menjadi pihak yang akan menangani pemeliharaan server, seperti backup, konfigurasi root, pemeliharaan, pemulihan dari gangguan, dan lain sebagainya. Namun untuk beberapa kasus, pengguna akhir terkadang juga harus melakukannya sendiri.

Tipe-tipe Penyedia Layanan Hosting (Hosting Service)

Memahami perbedaan antara web hosting dengan nama domain merupakan langkah awal dalam usaha atau bisnis internet anda.

Mungkin juga anda perlu mengetahui mengenai kategori hosting tersebut, ini bukan kategori yang gratis dan yang berbayar ya...

Terdapat 4 kategori yaitu:
  • VPS Web Hosting
  • Shared Web Hosting
  • Cloud Web Hosting
  • Reseller Hosting.
Mudah-mudahan sekarang perbedaan antara web hosting dan domain menjadi jelas, terutama bagi pemula. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment for "Apa Itu Web Hosting Dan Domain?"