Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-macam Kamera CCTV Yang Ada Saat Ini

Macam-macam Kamera CCTV - Penggunaan CCTV untuk kepentingan keamanan atau lainnya semakin meningkat, dan dapat banyak diperoleh dengan mudah di pasaran. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui jenis kamera CCTV manakah yang sesuai dengan kebutuhan anda?

Pada artikel ini, akan disajikan berbagai macam kamera CCTV yang terdapat saat ini.

1. Kamera Dome

Disebut dengan kamera dome, karena kamera ini memiliki rumah berbentuk dome atau kubah di mana kamera tersebut dipasang. Desain kamera ini juga membuatnya menjadi tidak mencolok dan terlihat pada saat yang bersamaan.

Kamera dome
Kamera CCTV Dome
Kamera ini juga banyak digunakan di toko-toko eceran ataupun minimarket. Beberapa dome ada yang berputar dengan cepat, dan dikenal juga dengan 'speed domes'.

Kamera ini memberi peringatan pada orang-orang bahwa area tersebut diawasi oleh jaringan CCTV, sekaligus memberikan kenyamanan pada kliennya untuk sistem keamanan.

2. Kamera Infrared atau Night Vision

Kamera ini dapat mengambil gambar dengan kondisi gelap sekalipun.

Kamera CCTV Infrared
Kamera CCTV infrared

Untuk melakukannya kamera ini meggunakan LED Infrared. Kadang-kadang juga kamera ini digunakan untuk aplikasi mobile.

3. Kamera Terselubung atau Discreet Camera

Kamera ini banyak hadir dalam penyamaran yang berbeda, dan tidak akan disangka-sangka oleh orang-orang. Mereka bahkan tidak akan mengira bahwa kamera ini berbentuk detektor asap, kipas angin, ataupun berbentuk jam.

4. Kamera outdoor

Kamera ini ditujukan untuk eksterior rumah, toko atau kantor penggunanya.

Kamera outdoor
Kamera outdoor
Desain luar kamera ini melindunginya dari debu, air, serangga dan sebagainya.

5. Kamera Siang-Malam atau Day Night Camera

Kamera ini diaplikasikan sebagian besar untuk di luar ruangan dan berfungsi 24/7. Misalkan anda dapat menempatkan day and night CCTV di area parkir.

Dengan rentang dinamis yang luas, oleh karena itu, kamera ini dapat berfungsi di bawah sinar matahari langsung, kondisi silau, backlight yang kuat dan pantulan sepanjang waktu.

6. Kamera Network atau IP

Kamera CCTV jenis ini bisa memiliki kabel ataupun tanpa kabel. Kamera ini mengirimkan gambar melalui internet dengan pengontrolan bandwith.

Kamera IP
Kamera IP
Dalam pengoperasiannya, lebih mudah untuk menginstal kamera network bila dibandingkan dengan kamera analog.

7. Kamera Nirkabel atau Wireless

Anda juga dapat menemukan kamera tanpa kabel, namun bukan sebagai kamera network atau IP. Kamera ini menggunakan mode lain untuk mentransmisikan gambar. Keuntungan menggunakan kamera ini adalah sama seperti pada kamera network, yaitu mudah sekali untuk diinstal.

8. Kamera PTZ

Kamera PTZ adalah singkatan dari Pan, Tilt dan Zoom. Kamera ini mudah digerakkan ke kanan, kiri atas maupun bawah. Lensanya juga dapat diatur untuk zoom dekat atau jauh.

Kamera PTZ
Kamera PTZ

Terkadang fungsi tersebut dikendalikan oleh spesialis pengawas. Jenis lainnya dari kamera ini dapat secara otomatis melakukan fungsi pan, tilt dan zoom.

Fungsi ini diatur menggunakan timer atau waktu yang tetap. Kamera ini baik untuk dipakai pada pengawasan area yang lebih luas.

9. Kamera Bullet

Kamera tersebut dapat dipasang baik di dinding maupun di langit-langit. Secara khusus kamera bullet dirancang untuk digunakan di dalam ruangan.

Sementara aplikasi luar ruangan dengan kamera bullet jarang dilakukan. Kamera ini memiliki bentuk tipis, silinder dan ramping.

Kamera Bullet
Kamera Bullet
Banyak yang mengklaim juga bahwa kamera bullet anti air. Kamera bullet tidak memiliki pan, zoom atau tilt dan cuplikan rekaman dari tempat tetap.

10. Kamera HD (High Definition)

Kamera ini biasa dipasang di kasino atau pada proses beresiko tinggi. Dengan menggunakan lensa yang beresolusi tinggi, kamera ini dapat mengambil gambar dengan detail halus dan di tampilkan pada pemirsanya.

Demikianlah macam-macam jenis kamera CCTV yang ada dipasaran saat ini. Semoga anda bisa memperoleh kamera CCTV yang anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Post a Comment for "Macam-macam Kamera CCTV Yang Ada Saat Ini"