Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal Untuk Android

Cara memindahkan aplikasi smartphone dari memori internal ke memori eksternal terkadang diperlukan karena kebanyakan smartphone android hanya memiliki 16 GB sampai 32 GB ruang penyimpanan bawaan pada perangkatnya. Sementara itu, untuk ponsel android yang memiliki harga yang bisa dibilang 'murah' memiliki kapasitas memori internal yang lebih kecil lagi, yaitu di 4 GB sampai dengan 8 GB.

Nyatanya, seperti yang banyak dilakukan orang-orang pada umumnya, setelah anda mulai menambahkan beberapa aplikasi, mengambil foto beresolusi tinggi, mengunduh film kualitas bagus, lagu atau video, dan kemudian menyimpan semuanya dalam perangkat anda, maka resiko kehabisan memory storage semakin meningkat.
Untungnya, berbagai tipe smartphone banyak yang memiliki fitur slot untuk microSD, yang memungkinkan anda untuk menambah ruang penyimpanan data secara signifikan tergantung dari ukuran memori eksternal yang digunakan. Tentunya dengan harga yang bervariasi pula.

Apa yang perlu dilakukan sebelum membeli MicroSD Card?

Sebagai tambahan pada artikel ini, sebelum anda membeli memori card, anda harus mengetahui pada kapasitas berapa saja perangkat anda bisa mendukung kinerja yang baik dengan spesifikasi kartu memori tersebut.

Kapasitas yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, namun rata-rata cukup dengan tambahan memori eksternal 32 GB, walaupun juga bagi yang lain ekspansi sampai 128 GB juga mungkin dianggap belum mencukupi.


memori eksternal microSD
microSD
Ketika anda sudah memperoleh microSD card, maka akan mudah melakukan pengaturan untuk menjadikan microSD tersebut sebagai drive penyimpanan default untuk apps, foto, video, musik dan lain sebagainya.

Namun bagaimana dengan berbagai data yang sudah memenuhi memori internal anda? Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara memindahkan apps, media dan lainnya ke dalam microSD pada ponsel dan tablet Android.

Langkah memindahkan Apps ke microSD pada ponsel dan tablet Android

Sebelum melangkah lebih jauh, ada satu hal yang perlu diketahui yaitu:
Tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke microSD, dan nyatanya beberapa ponsel tidak mengizinkan anda untuk memindahkan aplikasi sama sekali.
Ini berarti ponsel dengan ruang penyimpanan internal berkisar di 4 - 8 GB dapat memiliki resiko masalah lebih besar, walaupun memiliki microSD yang terpasang di slotnya.

Samsung Galaxy S7 adalah salah satu ponsel yang memungkinkan anda untuk memindahkan aplikasi ke SD, namun hal yang perlu dicatat juga adalah aplikasi tersebut tidak akan tersedia ketika anda memindahkan microSD tersebut.

Jika suatu aplikasi dapat dipindahkan ke kartu memori eksternal, maka anda dapat menemukan pilihan untuk melakukan hal ini dalam Pengaturan atau Setting, menu Apps. Pada tab pertama, anda dapat melihat aplikasi-aplikasi yang didownload dalam smartphone anda.

Geser dari sebelah kanan untuk melihat apa saja yang tersimpan pada kartu memori anda, saat pertama kali kartu memori eksternal tersebut dipasang, maka seharusnya masih kosong atau blank.

Untuk memindahkan aplikasi dengan cara:
  • Pastikan microSD card atau memori eksternal sudah terpasang
  • Pilih Pengaturan atau Setting
  • Pilih menu Apps 
  • Pilih aplikasi yang akan dipindahkan dengan cara menekannya. Untuk aplikasi yang dapat dipindahkan, anda dapat melihat keterangan MOVE TO SD CARD atau sebagainya.
  • Tekan pilihan MOVE TO SD CARD
  • Maka dalam waktu pemindahan, tombol tersebut akan menunjukkan tulisan MOVING
  • Ketika proses pemindahan selesai, maka tulisan pada tombol tersebut akan berganti menjadi MOVE TO PHONE
  • Sekarang anda dapat menemukan aplikasi yang dipindahkan tersebut di dalam microSD
Banyak juga aplikasi-aplikasi yang secara otomatis akan melakukan hal ini untuk anda. Jika anda adalah orang yang menaruh perhatian lebih pada ruang penyimpanan data dalam smartphone, maka aplikasi-aplikasi jenis ini dapat menjadi pilihan utama dibandingkan dengan aplikasi lain yang memiliki fungsi sejenis.

Demikianlah cara untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal, tidak sulit bukan? Semoga bisa artikel ini bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Post a Comment for "Cara Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal Untuk Android"