Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mematikan Laptop Dengan Cepat Dan Praktis Untuk Windows

Cara Mematikan Laptop Dengan Cepat - Terkadang mungkin anda akan merasa perlu untuk melakukan shut down pada laptop anda dengan terburu-buru karena alasan tertentu, sehingga membutuhkan langkah yang tidak biasa.

Terdapat beberapa cara untuk men-shut down Windows lebih cepat dibandingkan dengan langkah manual yang biasa anda lakukan. Kebanyakan pengguna Windows kemungkinan besar menggunakan menu Start untuk melakukan hal ini.

Namun, tergantung pada versi Windows berapa yang anda gunakan, akan memerlukan beberapa pergerakan mouse dan juga klik untuk mematikan laptop anda, bahkan ada juga yang hanya memerlukan untuk menutup laptop tersebut.


1. Menggunakan tombol power


Jika anda menekan tombol power, dan menahannya selama beberapa detik, maka laptop akan shut down secara otomatis. Ini mungkin adalah metode yang lebih cepat, karena anda tinggal menekan satu tombol saja, namun nyatanya ini bukanlah metode yang tercepat.

Dampaknya juga adalah kemungkinan terjadinya sistem file yang korup, yaitu pada sistem operasi dan program yang masih terbuka saat anda melakukan metode ini.

2. Kombinasi tombol shorcut keyboard


Memang sih, anda bisa menggunakan mouse dan keyboard untuk proses shut down Windows, namun anda juga bisa melakukan hal yang sama hanya dengan menggunakan keyboard saja.

Ini merupakan cara yang lebih cepat lagi, karena ada tinggal menekan kombinasi tombol pada keyboard anda, tanpa perlu menggerakkan mouse sama sekali.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Untuk Windows 7: Tekan tombol Windows, kemudian tekan tombol panah kanan, lalu tekan Enter.
  • Untuk Windows 10: Tekan tombol Windows dan X, u,u
  • Untuk Windows versi lainnya: Tekan Alt-F4 kemudian Enter 

3. Menggunakan shorcut pada dekstop atau taskbar


Cara ini memerlukan persiapan terlebih dahulu, tapi setelah persiapannya selesai dilakukan, maka cara ini juga sangat cepat. Metode ini akan memaksa melakukan shutdown, dengan artian tidak akan menunggu program lainnya untuk di tutup dengan 'nyaman'.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Tekan tombol kanan mouse pada lokasi bebas di dekstop anda, kemudian pilih New>Shortcut
  • Kemudian akan muncul field, masukkan perintah berikut ini:
    %windir%\System32\shutdown.exe -s -t0
  • Lalu tekan Next untuk melanjutkan
  • Akan muncul field untuk memberi nama shorcut tesebut, mungkin anda bisa memberinya nama Shutdown, atau biarkan secara default.
  • Jika anda adalah pengguna Windows 7 atau vers terbaru, untuk lebih memudahkan anda bisa pin shorcut tersebut pada taskbar. Ini hanya sebagai saran bila anda menginginkan tampilan dekstop yang lebih bersih tanpa banyak shortcut-shortcut yang mengganggu.

Sebagai tips tambahan, bila anda ingin mengintegrasikan shortcut untuk mematikan laptop yang sudah anda buat tersebut dengan tombol keyboard, anda bisa melakukannya dengan cara:
  • Klik kanan pada shortcut yang sudah dibuat
  • Lalu pilih Properties
  • Kemudian pilih Shorcut, dan pada field Shortcut Key anda bisa mengisinya dengan memilih tombol pada keyboard yang anda kehendaki, dan tombol keyboard tersebut adalah tombol yang tidak digunakan oleh Windows atau program lainnya.

 4. Dengan menutup laptop


Ini mungkin adalah cara yang cepat, praktis dan enak rasanya. Bagaimana tidak, hanya dengan menutup laptop anda, maka proses shutdown akan berjalan secara otomatis.

Tapi tunggu dulu, ada beberapa persiapan mudah yang harus dilakukan untuk menggunakan cara ini, yaitu :
  • Klik Start > Control Panel
  • Kemudian pilih System and Security
    System and security
    Pilih System and Security
  • Lalu pada bagian Power Options, pilih Change what the power button do
    power option
    Pilih Change what the power buttons do

  • Kemudian pada bagian When I close the lid:, pilih Shut down.
    when i close the lid : Shut down
    Pada bagian When I close the lid:,  pilih Shut down
Setelah dilakukan pengaturan tersebut, maka shut down secara otomatis akan terjadi ketika anda menutup laptop.

Demikianlah 4 cara mematikan laptop dengan cepat untuk pengguna Windows. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan manfaat untuk anda.

Post a Comment for "4 Cara Mematikan Laptop Dengan Cepat Dan Praktis Untuk Windows"