Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Membuat Kata Sandi Yang Benar Untuk Akun Email Dan Sosial Media

Cara Membuat Kata Sandi Yang Benar - Semua yang anda lakukan untuk mendapatkan pelayanan via online akhir-akhir ini kebanyakan memerlukan password, seperti Gmail, Ymail, Facebook, dan sebagainya.

Namun, banyak orang juga tidak menaruh perhatian lebih pada kata sandi yang mereka gunakan untuk mengakses akunnya, entah itu akun untuk email ataupun sosial media yang tidak jarang menyimpan data-data pribadi penggunanya.

Mereka membuatnya password tersebut dengan pendek, mudah diingat, sehingga akan mudah diketahui oleh hack*r dalam waktu yang singkat Menggunakan kata sandi yang tepat dan membuatnya mengurangi kesempatan akun online anda dibajak orang yang tidak bertanggung jawab merupakan hal yang sangat penting.



kata sandi password
Keamanan kata sandi untuk akun email atau sosmed menjadi hal yang sangat penting


Berikut ini adalah cara membuat kata sandi yang yang benar, sehingga dapat menambah kemanan atau privasi anda di internet.

1. Hindari menggunakan data pribadi anda


Menggunakan data pribadi, seperti nama anggota keluarga, nama binatang peliharaan, tanggal lahir, alamat atau data pribadi lainnya. Ini adalah salah satu kesalahan yang banyak dilakukan orang-orang saat membuat kata sandi, sehingga tanpa diretas pun orang lain bisa dengan mudah menebaknya.

Jadi sebaiknya, jangan menggunakan data pribadi anda sebagai kata sandi, karena resikonya sangat besar.

2. Jangan menggunakan password yang bersifat umum


Memang benar menggunakan data pribadi sebagai password sangat beresiko, namun bila menggunakan karakter yang mudah diingat dan simpel walaupun bukan termasuk data personal juga memiliki resiko yang sama seperti :
  • abcdef
  • 123456
  • 54321
  • fedcba 
  • qwerty
Sebaiknya hindari menggunakan urutan karakter seperti di atas sebagai kata sandi, karena rentan untuk diketahui orang lain.

Di samping itu juga, karakter-karakter tersebut sering dipakai sebagai password default untuk layanan-layanan nirkabel dan online, kemudian anda disarankan agar mengganti password default tersebut secepatnya.

Selain itu juga sebaiknya jangan menggunakan kamus sebagai referensi untuk mengambil kata-kata untuk di jadikan password, karena para hack*r yang ahli dapat dengan mudah mengambil kata sandi anda, melalui software khusus mereka dapat memeriksa ribuan kosa kata perdetik untuk membobol akun anda. Berbahaya bukan?

3. Membuat kata sandi dengan karakter yang tidak terlalu pendek 


Jumlah karakter memegang peranan penting untuk keselamatan akun anda. Sebaiknya gunakan jumlah karakater yang tidak terlalu pendek. Contohnya bila anda membuat password untuk email atau akun online lainnya, disarankan minimal 8 karakter, ini bertujuan untuk keamanan akun anda.

Karena dengan semakin banyak karakter yang digunakan, maka kombinasi yang dihasilkan akan semakin banyak dan kompleks, sehingga membuat kata sandi itu lebih kuat.

Tapi bila menggunakan karakter yang terlalu panjang juga beresiko membuat anda lupa. Malah anda sendiri jadi kesulitan untuk mengakses akun anda, jadi harus dipertimbangkan dengan bijak.

Jadi buatlah password dengan jumlah karakter minimal 8 karakter.

4. Gunakan kombinasi karakter sehingga password tersebut menjadi kompleks


Dengan menggunakan kombinasi karakter seperti huruf kapital, huruf kecil, angka dan simbol-simbol lainnya lainnya pada keyboard, serta dikombinasikan dengan jumlah karakter yang tidak terlalu pendek, akan membuat password anda semakin aman dan kuat.

Tapi perlu diperhatikan juga, hindari menggunakan kombinasi huruf dan angka seperti 123abc, atau abcd1234, karena jenis kombinasi seperti ini mudah ditebak.

5. Gantilah kata sandi akun anda secara berkala


Kenapa anda perlu mengganti password untuk akun anda yang telah digunakan sejak lama atau bertahun-tahun?

Karena menggunakan password yang sama pada akun dalam waktu yang telah lama juga dapat memberikan kesempatan pada orang lain untuk memperoleh kata sandi tersebut, dan bahkan mungkin orang tersebut telah berhasil mengambil data-data penting anda selama periode waktu tertentu tanpa anda sadari.

Secara berkala mengganti password yang anda gunakan untuk akun email atau sosmed anda akan mencegah hal ini terjadi. Bagaimanapun membuat kata sandi yang kuat dan mudah diingat juga merupakan tantangan tersendiri bagi anda, jadi ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menggunakan password manager.

6. Hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun


Jika anda memiliki lebih dari satu akun, maka sebaiknya jangan gunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun-akun tersebut, karena akan menimbulkan celah keamanan. Jika hack*r berhasil membobol salah satu akun anda, maka ia akan dengan mudah memperoleh akses pada akun yang lainnya.

Selain itu, gunakanlah selalu password yang unik untuk setiap akun anda.


7. Jangan menyimpan password akun anda di tempat umum


Jangan pernah untuk menyimpan password pada tempat umum, misalkan anda menulisnya pada catatan kecil, dan menempelkannya di samping monitor komputer di tempat anda bekerja, hal ini sama saja dengan meninggalkan kunci rumah tergantung di pintu sementara anda sedang bepergian.

Pilihlah password yang mampu anda ingat, dan anda tidak perlu menulisnya. Namun jika anda perlu untuk menulisnya, maka pastikan anda menyimpannya pada lokasi yang aman atau menggunakan password manager.


Itulah 7 cara membuat kata sandi yang benar dan dapat anda terapkan untuk akun email dan sosial media anda. Dengan kemajuan teknologi internet seperti sekarang ini, maka keamanan akun juga harus ditingkatkan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat untuk anda.

Post a Comment for "7 Cara Membuat Kata Sandi Yang Benar Untuk Akun Email Dan Sosial Media"