Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

32 Bit Atau 64 Bit, Versi Mana Yang Anda Butuhkan?

Perangkat keras dan lunak hadir dalam versi 32 bit dan 64 bit. Versi manakah yang anda miliki saat ini? Atau yang mana yang akan anda pilih?

Terkadang setiap kita mendownload software dari mana saja, mungkin anda menyadari bahwa banyak sekali aplikasi-aplikasi dan sistem operasi yang menawarkan 2 versi, yaitu 32 bit dan 64 bit.

Aplikasi server dan sistem operasi hanya terkadang menawarkan hal ini, namun aplikasi dekstop seperti yang terdapat dalam Microsoft Office juga terdapat dalam versi 32 bit dan 64 bit.
32 bit atau 64 bit
32 bit atau 64 bit?

Apakah komputer anda 32 Bit atau 64 bit? Apa sih perbedaanya?

Pertanyaan ini dapat terbagi dalam dua bagian, yaitu:
  • Apakah komputer anda memiliki prosesor 32 bit atau 64 bit?
  • Apakah komputer anda berjalan dengan sistem operasi 32 bit atau 64 bit?

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, komputer dengan prosesor 32 bit hanya dapat menjalankan sistem operasi dan software 32 bit. Sedangkan komputer dengan prosesor 64 bit dapat menjalankan sistem operasi dan software 32 bit dan 64 bit. Namun jangan salah, jika komputer 64 bit menggunakan sistem operasi 32 bit, maka komputer hanya dapat menjalankan software 32 bit.

Kebanyakan PC sekarang menggunakan prosesor 64 bit terbaru yang lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan prosesor 32 bit.

Jika anda hanya menginginkan untuk menginstal aplikasi baru melalui sistem operasi yang sudah ada pada komputer anda saat ini, maka anda dapat mengecek sistem operasi anda tersebut 32 bit atau 64 bit, untuk menentukan versi aplikasi mana yang akan anda download dan instal dari internet.

Bila tujuan anda adalah melakukan upgrade terhadap sistem operasi, maka anda harus mengecek apakah komputer anda menggunakan prosesor 32 atau 64 bit, dengan cara sebagai berikut:

Sistem Operasi Windows

  • Untuk komputer dengan sistem operasi Windows XP atau sesudahnya, maka anda bisa mengeceknya di Microsoft support, di situ anda bisa memilih versi produk Windows mana yang digunakan sebagai sistem operasi dibagian Select Product Version, kemudian ikuti petunjuknya.
  • Untuk mengecek tipe prosesor yang anda gunakan, anda dapat menggunakan System Information Utility, yaitu dengan langkah sebagai berikut:

    a) Klik kiri Start, kemudian pada field Search program and files, anda masukkan System Information atau msinfo32

    b) Pada System Information, di kolom sebelah kanan, di bawah kolom Item terdapat System Type, akan muncul keterangan mengenai prosesor komputer anda. Jika disebutkan x86-based PC, maka prosesor anda adalah 32 bit, dan jika disebutkan x64-based PC, maka prosesor anda adalah 64 bit

Mac

Sejak perilisan Apple's OS X v10.8 (Mountain Lion), maka OS X secara ekslusif menjadi 64 bit. Apple telah menghentikan penjualan Mac 32 bit, bahkan lebih lama sebelum hal itu terjadi. Namun bila anda menjalankan versi Mac lebih lama, anda bisa mengeceknya di Apple support

Linux

Untuk mengetahui sistem operasi Linux dan ingin mengetahui apakah sistem operasi kernel yang digunakan 32 bit atau 64 bit, anda bisa melihatnya di sini.

Apa sih sebenarnya arti dari 64 bit?


Dengan simpel dapat dikatakan bahwa komputer 64 bit lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan 32 bit. Karena dengan 64 bit, prosesor dalam mengolah ukuran data yang lebih besar per-satuan waktunya.

Keuntungan lainnya adalah mampu mengakomodasi lebih banyak memori (RAM), sedangkan versi 32 bit hanya bisa menangani sistem memori 3 GB dan atau sumber lain menyebutkan 4 GB yang dalam penggunaannya hanya 3.3 GB. 

Untuk 64 bit, mampu melewati 4 GB tersebut, karena itu akan menjadi jumlah RAM standar minimum, dan secara teoritis mampu mengatasi hingga 18 exabyte atau 18 miliar gigabyte sistem memori. 

Efeknya juga dapat terasa ketika komputer masih dapat merespons dengan cepat, ketika berpindah-pindah saat menjalankan beberapa program bersama-sama.

Namun, sistem operasi juga dapat memaksakan batasan pada jumlah memori. Misalnya, Windows versi 64 bit di batasi oleh jumlah RAM yang didukung oleh OS tersebut. Walaupun, batasan-batasan tersebut biasanya jauh lebih tinggi dibandingakan dengan versi 32 bit.

Jadi, melakukan upgrade pada platform 64 bit akan memungkinkan untuk meningkatkan sistem memori, dalam kebanyakan kasus.

Perlukah anda untuk melakukan upgrade ke versi 64 bit? 

Bila anda mempertimbangkan untuk mengupgrade ke 64 bit, dengan tujuan mendapatkan performa yang lebih baik, maka anda juga harus memastikan bahwa software-software penting yang mendukung aktivitas anda kompatibel dengan 64 bit. Hal yang juga tidak kalah penting adalah memastiakn semua software yang diperlukan terdapat dalam versi 64 bit-nya sehingga anda dapat terus menggunakannya.

Namun, bila anda tidak berencana untuk menggunakan minimum RAM 4GB atau di atasnya, maka anda tidak perlu mengupgrade-nya. Karena, anda perlu menggunakan ukuran RAM ini untuk mengambil keuntungan sepenuhnya dari penggunaan 64 bit.

Post a Comment for "32 Bit Atau 64 Bit, Versi Mana Yang Anda Butuhkan?"