Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengecek Temperatur CPU Dengan Core Temp

Ketika anda menggunakan komputer, pernahkah anda berfikir mengenai berapa sih suhu maksimum untuk CPU agar tetap aman? Cara mengecek temperatur CPU secara basic dapat dengan mudah dilakukan menggunakan software yaitu Core Temp.

Memonitor suhu CPU basic dengan Core Temp


Bagian terpenting dari komputer anda yang suhunya perlu dipantau adalah bagian prosesor atau CPU. Terus kenapa direkomendasikan menggunakan Core Temp?

Karena Core Temp mudah digunakan, gratis, berukuran kecil dan tidak mengganggu program lain yang sedang berjalan ketika Core Temp dioperasikan. Core Temp juga memiliki beberapa pilihan yang dapat dikustomisasi sesuai dengan selera anda.

Cara Menggunakan Core Temp

  1. Download terlebih dahulu Core Temp, saat ini versi terbaru di 1.4.1.
  2. Buka hasil download, kemudian pilih Next
    Core Temp 1
    Pilih Next
  3. Lalu pilih I Agree untuk License Agreement
    Core Temp 2
    Pilih I accept the agreement
  4. Kemudian pilih lokasi penyimpanan instalasi file program, kemudian pilih Next
    Core Temp 3
    Pilih lokasi penyimpanan file, kemudian pilih Next
  5. Pada bagian Select Additional Task, perhatikan jangan pilih Build your kingdom with Goodgame Empire, pilih saja seperti gambar di bawah ini.
    Core Temp 4
    Pilih option seperti di atas
  6. Kemudian klik Instal
    Core Temp 5
    Pilih Instal
  7. Akan muncul notifikasi informasi seperti di bawah ini, pilih saja Next
    Core Temp 6
    Pilih Next
  8. Klik Finish untuk menyelesaikan Instalasi Core Temp
    Core Temp 7
    Klik Finish
  9. Setelah program berjalan, akan muncul tampilan seperti di bawah ini
    Core Temp 8
    Tampilan Core Temp 1.4
    Perhatikan pada bagian Tj. Max, karena ini merupakan temperatur tertinggi CPU dalam derajat Celcius, yang dinyatakan oleh manufaktur, di mana CPU masih dapat bekerja, namun riskan. Jika temperatur CPU anda mendekati atau berada di sekitar temperatur tersebut, maka dapat terjadi overheating. Untuk lebih amannya, sebaiknya CPU memiliki temparatur 20 derajat lebih rendah dibandingkan dengan Tj. Max.

    Untuk kebanyakan CPU modern, Core Temp sudah dapat mendeteksi Tj. Max untuk prosesor spesifik milik anda, namun anda juga harus melakukan kroscek spesifikasi prosesor tersebut secara online. Setiap prosesor memiliki perbedaan, dan mengetahui nilai dari Tj. Max adalah hal yang sangat penting.

    Karena dengan demikian, anda memiliki panduan mengenai temperatur aman untuk CPU anda ketika beroperasi.  

Setting Core Temp 

Untuk mengkonfigurasi fitur berguna Core Temp lainnya, anda tinggal memilih Option>Settings, dengan penjelasan sebagai berikut :
  • General>Start Core Temp with Windows : Pada menu ini anda bisa mengatur untuk memonitor CPU sepanjang waktu tanpa perlu mengaktifkan aplikasi ini terlebih dahulu, atau hanya diperlukan ketika anda menjalankan Core Temp (hanya sesekali mengecek suhu).
  • Display>Start Core Temp Minimized : Anda mungkin ingin memilih option ini jika pilihan Start Core Temp with Windows pada menu General diaktifkan.
  • Display>Hide Taskbar Button: Bila anda memilih aplikasi untuk berjalan sepanjang waktu, opsi ini lebih baik diaktifkan, karena tidak akan memakan tempat pada taskbar.
  • Notification Area>Notification Area Icon: Pilihan ini akan mengizinkan anda untuk mengkustomisasi tampilan dari Core Temp dalam notifikasi atau bisa disebut juga sytem tray. Anda dapat memilih untuk hanya menampilkan ikon aplikasi, atau menampilkan temperatur dari CPU anda. Direkomendasikan untuk memilih 'highest temperature' daripada memilih 'all cores', yang akan menampilkan multiple icon. Anda juga dapat mengatur pemilihan warna dan huruf di sini.

    Lihat gambar berikut ini:
    Core Temp 9
    Setting menu Core Temp

Demikianlah cara mudah mengecek temperatur CPU dengan Core Temp, semoga bisa menambah pengetahuan dan memberi manfaat untuk anda.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengecek Temperatur CPU Dengan Core Temp "