Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

COWAROBOT R1, Robot Pintar Berbentuk Koper Yang Memudahkan Perjalanan Anda

Anda senang melakukan perjalanan? Namun tidak ingin direpotkan dengan membawa koper yang berisi banyak barang? Bisa jadi robot koper pintar yang satu ini dapat menolong aktivitas anda tersebut.

Robot canggih dengan bentuk menyerupai koper ini dikembangkan oleh Tommie He yang berasal dari Hiroshi-Fukusima Robotic Lab, fokus pengembangannya dilakukan di Cina.

COWAROBOT R1 adalah robot pertama di dunia yang berbentuk koper dengan fungsi sama untuk membawa barang dan dapat mengikuti kemanapun anda pergi.

Robot ini menggunakan teknologi tinggi seperti perjalanan otomatis dan juga kemampuan untuk menghindari rintangan, sehingga penggunanya tidak perlu menggunakan tangan untuk membawa barang bawaannya.

Dengan teknologi canggih yang digunakan pada robot ini, maka ia akan selalu berada di samping penggunanya dan mengikuti kemanapun penggunanya pergi. Bahkan jika robot ini tertinggal karena menghadapi rintangan, dengan kecanggihan yang dimilikinya, robot ini dapat dapat menemukan jalan untuk kembali berada di samping penggunanya.



COWAROBOT R1
COWAROBOT R1
Credit: © www.cowarobot.com


Berikut ini adalah hal-hal yang dapat dilakukan COWAROBOT R1 :

  • Bergerak dengan kecepatan 4.5 mph
  • Menaiki dan menuruni medan 15 derajat
  • Bergerak menempuh jarak 12.5 mil selama terus menerus dalam keadaan full charge.

Dengan teknologi sensor mutakhir CO-EYE yang sudah dipatenkan, yaitu berupa seperangkat sonar dan pendeteksi area curam atau 'tebing', robot ini dapat melihat dan merasakan dunia luar atau lingkungannya. R1 secara berkelanjutan akan mengumpulkan dan mengirim data kembali ke sistem pengikut otomatis yang disebut dengan CO-MOVE.

Pengguna akan menggunakan sebuah  gelang R1 untuk mengontrol robot ini. Hanya dengan dua ketukan simpel pada gelang tersebut, maka robot akan merencanakan perjalanan dengan sistem CO-MOVE dan akan mengarahkannya untuk menghindari rintangan, sehingga akan membuat robot ini kembali pada penggunannya.

Mode Manual dan Otomatis Pada COWAROBOT R1


Robot ini bisa menggunakan settingan manual dan otomatis, tergantung pada kondisi, misalnya :
  • Mode otomatis bila pengguna membawa terlalu banyak barang.
  • Mode otomatis bila penggunan membawa anak-anak.
  • Mode manual bila pengguna sedang terburu-buru untuk melakukan check-in.
  • Mode manual bila pengguna  menaiki tangga atau menggunakan eskalator.

Bagaimana dengan fasilitas teknologi keamanan yang dimiliki oleh robot koper ini?

COWAROBOT R1 ternyata dilengkapi dengan kunci pintar yang sudah dipatenkan, yang disebut dengan CO-SMART, sehingga bisa melakukan hal-hal seperti di bawah ini:
  • Mengunci secara otomatis demi menjaga keamanan barang-barang.
  • Gelang R1 dapat digunakan untuk mengontrol kunci tersebut.
  • Cincin LED yang terdapat di sekeliling kunci menjadi indikator bahwa koper canggih ini sudah terkunci atau belum. 

Kemudian, bagaimana bila pengguna kehilangan robot ini?

Dengan menggunakan alarm proximity dan GPS, maka pengguna dapat mendeteksi keberadaan koper ini dengan mudah. Untuk keamanan, bila robot ini terlalu jauh posisinya, maka secara otomatis notifikasi akan dikirimkan melalui gelang R1. Melalui aplikasi, pengguna dapat melacak keberadaan robot koper ini.


Dengan ukuran yang tampak besar yaitu 21.6 inci x 15 inci, ternyata komponen robotik-nya hanya 4 % saja dari ukuran tersebut, sementara sisanya adalah ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai barang, dan ukuran ini muat di tempatkan di kompartemen di atas kepala penumpang pada pesawat, juga memadai untuk digunakan membawa barang-barang untuk liburan.

Untuk sumber tenaga, R1 dan perangkat anda dapat dicharge dengan power bank portable.Kelebihan dan spesifikasi powerbank ini adalah :

  • Dapat dilepaskan atau dirangkaikan,, sehingga memudahkan untuk pengecekan keamanan di bandara.
  • Dapat digunakan untuk mengisi daya iPhone 6S Plus, 9 kali.
  • Powerbank dengan arus 96.5 watt
  • Memenuhi syarat peraturan bandara
Dengan menggunakan aplikasi untuk R1, maka pengguna dapat :
  • Mengontrol kunci CO-SMART
  • Merekam dan membagikan informasi perjalanan
  • Memonitor status dari koper

Aplikasi COWAROBOT R1
Aplikasi COWAROBOT R1
Credit: © www.cowarobot.com

Untuk menguji kekuatan atau daya tahan robot koper ini, maka pengembangnya telah melakukan berbagai pengujian yang terbilang ekstrim, seperti menghantamnya, menggulingkannya pada medan yang kasar, melemparkannya berulang kali ke tanah, dan menekan setiap komponen dengan tujuan menguji daya tahan terhadap konstruksi dan kualitasnya.

Pada bulan Juli 2016, produk ini launching di Indiegogo dengan harga $429 USD. Produksi massal dimulai pada Agustus 2016, dan pada bulan Oktober 2016, pengiriman untuk COWAROBOT R1 ini di mulai.

Post a Comment for "COWAROBOT R1, Robot Pintar Berbentuk Koper Yang Memudahkan Perjalanan Anda"