Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CTRL XC, Kacamata LCD Canggih Dapat Berubah Warna Dalam 0.1 Detik

CTRL XC adalah kaca mata berteknologi paling maju di dunia, yang mampu berubah warna sesuai dengan intesitas cahaya lingkungannya, bahkan perubahan warna LCD-nya sangat cepat yaitu 0.1 detik saja.

Bagi para penggemar olahraga ekstrim, bersepeda gunung atau rekreasi, kaca mata ini diperuntukkan untuk mereka atau bisa juga digunakan ketika sedang berlari, hiking, ataupun berkendara.

Perubahan warna pada kaca mata ini dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis, tergantung pada keadaan cahaya sekitar. CTRL XC adalah kaca mata hitam untuk berbagai kondisi cahaya.

Kacamata CTRL XC
CTRL XC, Kacamata berteknologi tinggi
Credit: © ALPHAMICRON

 

Apa Yang Bisa Dilakukan Oleh Kacamata CTRL XC Ini?


Kacamata ini memiliki beberapa kemampuan yaitu :
  • Kecepatan
  • Mampu berubah warna dengan tiga tingkat perubahan warna yaitu S1-S3 dalam waktu hanya 0.1 detik.

  • Kenyamanan
  • Satu solusi untuk berbagai keadaan cahaya, dan tidak memerlukan gerakan yang menimbulkan bahaya selama penggunaan kacamata ini. Penglihatan terbaik dapat diperoleh melalui kacamata ini dalam berbagai intensitas cahaya tanpa memerlukan pergerakan tangan.

  • Kustomisasi
  • Pada mode manual pengguna dapat menentukan level warna mana yang dipilih pada S1-S3.

  • Safety
  • Dengan menggunakan mode otomatis, tidak diperlukan untuk melepaskan tangan dari stang atau kemudi kendaraaa untuk mengatur warna pada kacamata, sehingga gangguan akan berkurang dan pengguna akan lebih berkonsentrasi dalam berkendara, sehingga resiko kecelakaan dapat berkurang.

    Dalam lingkunan dengan tingkat cahaya yang tinggi seperti pada hari yang panas atau cerah, maka dapat melindungi mata dari debu, hujan, serangga ataupun puing-puing.
    Menggunakan lensa ANSI Z87.1 sebagai perlindungan maksimum dan 100% anti sinar ultra violet.

  • Kontrol
  • Pengguna dapatmemutuskan bagaimana tampilan yang dapat dilihat melalui kacamata ini hanya dengan menekan satu tombol dengan mudah. Batasan untuk beralih ke mode otomatis dapat diatur oleh pengguna. Warna juga dapat diubah dengan menyentuh tombol atau melalui sensor secara otomatis.

Spesifikasi CTRL XC
Spesifikasi CTRL XC
Credit: © ALPHAMICRON

 

Pengembangan Teknologi Yang Dilakukan Oleh E-Tint


Kebanyakan kacamata pelindung dari sinar matahari atau sunglassses tidak dapat memberikan respon terhadap perubahan level cahaya. Tipe kacamata lainnya seperti kacamata hitam photochromic memberikan respon dengan lambat, yaitu sekitar beberapa menit dan juga tidak dapat dikontrol.

Oleh karena itu, teknologi elektronik yang dipatenkan berupa cairan kristal Tint-on-Demand (e-TintTM), dikembangkan karena mampu untuk dikontrol dan sangat cepat. Atas dasar ini juga, pengembangan dilakukan oleh angkatan darat Amerika untuk menjadi generasi berikutnya dalam standar kacamata.


Menurut informasi dari pengembangnya yaitu Alphamicron, perakitan pabrik, produksi massal dan pengiriman akan dimulai pada Desember 2016, namun untuk launching sudah dilakukan di indiegogo, dan para backers bisa memperoleh produk ini dengan kisaran harga $150 - $175 USD.

Post a Comment for "CTRL XC, Kacamata LCD Canggih Dapat Berubah Warna Dalam 0.1 Detik"