Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Internet Dan Dampaknya Pada Bidang Komunikasi Secara Global

Sebagai mahluk sosial, manusia perlu berinteraksi antara satu dengan yang lainnya melalui komunikasi, aktivitas ini ibarat perekat antara serpihan-serpihan karena begitu banyaknya manusia di muka bumi ini. Sementara itu, dunia maya yang dikenal dengan internet telah memiliki peran penting untuk menghubungkan orang-orang walaupun terpisah dengan jarak ribuan mil jauhnya.

Internet Global
Internet memegang peranan vital dalam bidang komunikasi saat ini dan di masa depan

Internet telah berdampak luas pada komunikasi sejak mulai digunakan sampai dengan globalisasi. Teknologi internet membuat komunikasi lebih mudah dan juga lebih cepat, serta membuat modus komunikasi menjadi lebih beragam. Oleh karena itu, sejak tahun 1990, seluruh budaya modern yang memiliki kemungkinan  berkembang disetiap lapisan masyarakat  tidak terlepas dari web.

Peranan Internet Dalam Komunikasi Pribadi


Internet merupakan serangkaian panjang dari pengembangan teknologi yang telah membantu untuk menghubungkan pribadi individu dengan pribadi lainnya, sehingga secara personal mereka dapat merasakan kehadiran orang tersebut dalam kehidupannya sehari-hari, walaupun berada di tempat yang berbeda dengan jarak yang sangat jauh.

Apalagi dengan penerapannya pada smartphone, semakin membuat keintiman dan kebersamaan berkomunikasi semakin mudah dilakukan di mana saja dengan orang-orang yang dicintai.

Satu hal yang pasti juga adalah kesempatan untuk orang asing mulai berinteraksi dengan sesama pengguna, karena ketika menggunakan internet, sulit sekali membuat batasan dalam ruang lingkup yang sudah sangat luas, sehingga membuat pertemanan baru ataupun membuat kenalan baru secara acak sangat mudah sekali dilakukan dengan internet, terlebih lagi dengan kekuatan sosial media saat ini.

Dengan internet, memperluas jaringan dengan menambah kontak menjadi hal yang mudah.

Internet Dalam Interaksi Sosial Masyarakat


Di setiap letak geografis, selalu terdapat batas-batas sosial yang berlaku untuk setiap masyarakatnya. Namun, internet tidak merusak tatanan ini, melainkan mengurangi relevansinya, di mana setiap orang memiliki kedudukan yang sama untuk saling berinteraksi di dalam dunia maya tanpa harus memikirkan ras, agama, gender, kasta, yang terkadang bisa menjadi hambatan untuk komunikasi secara langsung di dunia nyata.

Berkat adanya web, kini setiap orang dapat saling terhubung satu sama lain di mana saja selama tersedia akses internet. Hasilnya adalah budaya baru, di mana orang mencari orang lain secara online, penelusuran terhadap orang-orang yang memiliki minat sejenis, saling bertukar pikiran melalui forum, ataupun mencari informasi untuk saling menambah wawasan.

Internet Memberikan Ruang Untuk Mengekspresikan Diri


Internet juga berperan sebagai media baru bagi orang untuk berkomunikasi dengan mengekspresikan diri, contohnya melalui web, setiap orang dapat memproduksi dan mendistribusikan video mereka sendiri dan bahkan banyak diantara mereka yang menjadi terkenal karena cara ini, kemudian para seniman dapat mempromosikan karya mereka, penulis dapat memperkenalkan karya mereka serta mencari inspirasi dan informasi dari berbagai sumber yang tak terbatas, bahkan orang-orang juga sibuk mengambil informasi dan mengekspresikan diri mereka dengan sosial media seperti Facebook, atau dengan 140 karakter pada Twitter.

Internet dan sosial media
Internet sebagai tempat mengekspresikan diri

Ada juga meme di internet, yang membentuk komunitas baru untuk mengekspresikan sesuatu hal atau perasaan dengan gambar. Dalam perkembangannya, meme ini secara tidak disadari telah membentuk masa depan masyarakat dengan struktur sosial yang baru.

Internet Sebagai Media Komunikasi Bisnis Perusahaan

Tidak diragukan lagi, internet telah mempercepat laju bisnis dan memperluas ruang lingkup di tempat kerja. Manfaat yang paling jelas adalah bahwa orang-orang memiliki pilihan yang lebih baik untuk berkomunikasi secara langsung termasuk email, SMS, ataupun konferensi video dalam percakapan jarak jauh.

Internet dan bisnis perusahaan
Internet menunjang komunikasi bisnis dalam perusahaan

Dengan internet, perusahaan modern dapat bergerak di berbagai lokasi, dengan setiap cabang salaing terkoneksi melalui internet. Teknologi informasi juga berperan penting dalam berbagai proses bisnis, misalnya pada penjualan secara online. Komputer telah banyak memudahkan pekerjaan manusia, dan juga tentunya mengurangi kesalahan yang tidak diinginkan.


Demikianlah beberapa dampak internet pada bidang komunikasi secara global, tentunya di masa depan internet akan semakin vital penggunaannya dalam menunjang aktivitas manusia ataupun perusahaan.



Post a Comment for "Teknologi Internet Dan Dampaknya Pada Bidang Komunikasi Secara Global"