Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Trend Teknologi Pengembangan Web Terbaru 2016

Bagaimana Potensi Pengembangan Web Saat Ini?


Teknologi Pengembangan Web Terbaru 2016 - Saat ini, salah satu trend teknologi yang cepat berkembang adalah pengembangan web atau web development. Hal ini diikuti dengan bangkitnya solusi-solusi pengembangan front-end yang baru dan bertenaga, sehingga ruang lingkup untuk pembangunan website dan desain interface tumbuh dengan sangat cepat.


Web development
Pengembangan web merupakan teknlogi yang sangat cepat berkembang


Saat ini dalam hal pengembangan web, kita memiliki :
  • Frameworks
  • UI library
  • Teknologi pengembangan mobile
  • Software aplikasi
Dalam hal front-end frameworks dan library ini, memungkinkan para pengembang untuk melakukan uji coba dengan kisaran berbagai kemungkinan dalam area berbeda pada pengembangan web. Para dveloper yang memiliki pengetahuan dasar tentang JavaScript, CSS dan HTML dapat belajar mengenai keahlian pengembangan web dan terus berlatih dengan teknologi front-end terbaru.

Dalam hal potensi lapangan kerja dan berkarir, bidang ini cukup menjanjikan. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat bagi para profesional ataupun pelajar untuk dapat mempelajari beberapa teknologi pengembangan web yang baru, yang dapat membekali mereka dengan keahlian-keahlian yang dibutuhkan agar karir dapat meningkat untuk jangka panjang.

Pengembangan web secara luas mengacu pada tugas-tugas yang terkait dalam pengembangan  website untuk hosting melalui internet atau intranet.

List Teknologi Pengembangan Web Terbaru Yang Perlu Dijadikan Pertimbangan Untuk Dipelajari


Di bawah ini adalah 5 trend teknologi pengembangan web di 2016 :



  • CakePHP Framework
    CakePHP merupakan open-source PHP terdepan, yang menyediakan banyak fitur seperti form validasi, perlindungan CSRF, pencegahan XSS, code generation sebagainya.

    Namun, karena berada di atas PHP, maka diperlukan terlebih dahulu dasar pemahaman untuk :

      a) Pemrograman berorientasi objek- minimal mengetahui untuk membuat fungsi atau method.
      b) PHP array
      c) Pemahaman mengenai MYSQL dan menulis skema database yang clean.
      d) Memahami mengenai sesi dan PHP post data

      CakePHP
      CakePHP adalah open-source

  • Beberapa situs untuk belajar CakePHP framework ini adalah :

    a) CakePHP Documentation
    b) CakePHP Developer Blog
    c) Codex World CakePHP Tutorial
    d) Lynda Cake PHP Tutorial
    e) Udemy CakePHP Beginner Tutorial
    f) Introduction to CakePHP Framework
    g) Eduonix Course on CakePHP
    h) Beginning CakePHP: From Novice to Profesional
    i) CakePHP: Questionand Answers j)CakePHP Fest  




  • Laravel Framework
    Laravel merupakan salah satu open-source PHP framework yang kuat dan populer. versi terakhirnya dilengkapi dengan fitur modern dan sangat berguna seperti object-relational mapping (ORM), routing, autentifikasi, queue library dan sebagainya.

    Laravel ditujukan agar proses pengembangan menjadi sesuatu yang 'menyenangkan', bagi developer tanpa mengorbankan sisi fungsionalnya.



  • Visualisasi data menggunakan D3JS
    D3JS merupakan JavaScript library untuk menghasilkan visualisasi data yang dinamis dan interaktif pada browser web. Digunakan secara luas penerapannya pada standar SVG, HTML5 dan CSS, serta sebagai penerus kesuksesan dari pendahulunya yaitu Protovis framework.

    Dalam era bisnis modern, visualisasi data merupakan aspek yang sangat penting. Visualisasi data ini akan memungkinkan presentasi data dilakukan dengan elemen visual yang interaktif, seperti menggunakan diagram statistik, diagram batang, diagram lingkaran dan lain sebagainya.



  • JQuery mobile
    JQuery mobile adalah sistem interface berdasarkan HTML 5, yang didesain untuk membuat website yang responsif dan aplikasi yang dapat diakses oleh semua smartphone, tablet dan perangkat dekstop.
    JQuery mobile
    JQuery mobile mendukung berbagai sistem operasi

    Pengembangan mobile saat ini  membuka peluang besar dalam pertumbuhan karir. Namun, tantangan terbesar yang dimiliki oleh para mobile developer adalah bagaimana agar aplikasi dan website dapat berjalan dengan mulus pada berbagai perangkat seperti pada berbagai platform.

    JQuery mobile merupakan suatu teknologi software yang sangat kuat, yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan aplikasi mobile lintas platform yang beroperasi pada berbagai perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, selain itu juga mendukung berbagai sistem operasi pada mobile, seperti android, iOS dan Windows.



  • Angular 2
    Angular 2 adalah front-end framework lintas platform yang modern, yang telah mempertahankan semua fitur utama dari angular.js. Disamping itu, Angular 2 juga sudah menyediakan fitur tambahan dan kemampuan-kemampuan lainnya, seperti orientasi objek yang mudah, penggabungan Flux dan React.js, penggunaan uang komponen, dan dukungan robust untuk pengembangan mobile.

    Sedangkan angular.js merupakan teknologi pengembangan web yang sangat kuat, dan juga cukup populer dikalangan para web developer. Saat ini, angular.js telah melakukan sebagian besar update pada versi terbarunya dan angular 2 telah dirilis.


  • Demikianlah 5 trend teknologi pengembangan web pada tahun 2016 ini, teknologi memang terus berkembang, dan akan meninggalkan siapa saja yang tidak mau belajar. Jadi, mari kita sama-sama mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan kita, untuk dapat bersaing untuk menyongsong masa depan.

    1 comment for "5 Trend Teknologi Pengembangan Web Terbaru 2016"

    1. boleh di coba untuk membuat inovasi yang baru.
      cek artikel menarik serupa dengan mengunjungi :
      Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

      ReplyDelete