Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Tips Agar Smartphone Android Anda Lebih Baik

Tips Android Terbaik - Bagi sebagian besar orang, smartphone kini menjadi hal yang sangat penting dan tidak dapat terpisahkan, terutama bagi para eksekutif ataupun pebisnis yaang memerlukan akses data cepat untuk memudahkan semua aktivitasnya.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengkustomisasi perangkat android anda dan meningkatkan kinerjanya. Di samping itu, anda bisa mengubah look and feel pada bagian interface, anda juga bisa mengatur fungsi autocorrect yang terkadang tidak anda inginkan atau men-disable nya, anda bisa mengatur aplikasi apa saja yang berjalan secara otomatis, membuat baterai memiliki daya tahan lebih lama dan mengatur perangkat agar tidak pernah melebihi batasan penggunaan data.

12 Tips Agar Smartphone Android Anda Lebih Baik
Android

Begitu banyak fitur yang mungkin saja anda tidak tahu mengetahuinya, dan dapat membuat android lebih mudah digunakan serta lebih baik.

Apa sajakah tips smartphone android itu?

Di bawah ini adalah 20 tips yang dapat anda coba pada perangkat android anda, sebagai catatan, beberapa tips memerlukan perangkat dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, walaupun secara umum sebagian besar dapat diterapkan untuk sistem operasi pada berbagai versi.

  1. Menginstal keyboard yang sesuai dengan kebutuhan anda
    Ini lebih disarankan bagi anda yang sering menggunakan smartphone untuk mengirim banyak pesan, terutama dalam pekerjaan, maka anda memerlukan penunjang yang memudahkan kegiatan anda tersebut.

    Terdapat banyak keyboard yang dapat dijadikan pilihan dari berbagai vendor, yang bertujuan agar mengetik menjadi mudah dan efisien, yang dilengkapi dengan kamus dan terkadang juga fungsi autocorrect yang bisa membuat frustasi bila anda tidak terbiasa dengannya. Banyak yang gratis, dan bila anda harus membeli, banyak juga yang harganya terjangkau.

    Penting untuk mengetahui keyboard mana yang cocok untuk anda, dan memilihnya sebagai pendukung aktivitas anda.

  2. Mengatur notifikasi yang membuat anda nyaman
    Notifikasi atau pemberitahuan dapat menjadi hal yang mengganggu, bila ters muncul disaat yang tidak tepat. Fitur terbaru dari sistem operasi Marshmallow 6.0 yaitu mode Do Not Disturb, dapat anda gunakan untuk mengustomisasi pilhan mana yang anda sukai. Terdapat tiga pilihan pada fitur yaitu :
    1. Total Silence
    2. Priority Only
    3. Alarm Only
  3. Dengan fitur ini, memungkinkan anda bisa memblok semua notifikasi dan hanya mengizinkan untuk notifikasi yang anda anggap penting saja. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengatur waktu agar fitur ini secara otomatis bekerja, kemudian anda juga bisa men-disable-nya secara otomatis, agar anda bisa memperoleh berbagai notifikasi pada waktu yang tepat sesuai keinginan anda.

  4. Mengatur aplikasi pre-installed yang mengganggu
    Aplikasi pre-installed dapat menjadi hal yang menjengkelkan dan mengganggu, karena selain terkadang tidak dibutuhkan, seringkali untuk meng-uninstall aplikasi ini, smartphone anda harus di root terlebih dahulu.

    Aplikasi ini bisa diatur setelah melakuakan root pada smartphone anda, atau juga mematikan notifikasi dan menghentikan auto-update aplikasi tersebut, dan alternatif lainnya melalui menu pengaturan, anda bisa mendisable aplikasi yang tidak anda inginkan tersebut.

  5. Melacak penggunaan data
    Pelacakan penggunaan data ini dapat memudahkan anda mengontrol penggunaan data smartphone anda, baik dalam basis harian, mingguan atau bulanan. Anda dapat mengakses fitur ini dengan mudah pada bagian nirkabel ataupun jaringan. Untuk lebih memudahkan, terdapat juga banyak aplikasi dari pihak ketiga untuk membantu anda dalam mengatur penggunaan data tersebut.

  6. Menghemat penggunaan baterai
    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat daya baterai smartphone anda. Salah satu cara yang termudah adalah melakukan pengurangan pada pemakaian data, anda dapat membatasi penggunaan aplikasi-aplikasi yang secara otomatis berjalan di belakang layar. Cara lainnya adalah menonaktifkan suara tombol, tidak menggunakan Wi-Fi atau bluetooh jika anda tidak memerlukannya, dan mengatur kecerahan layar.
  7. Mengurangi pemakaian data
    Pemakaian data yang besar sering terjadi oleh aplikasi yang berjalan di belakang layar secara otomatis, dan terkadang aplikasi tersebut tidak kita inginkan. Lakukan unistall pada aplikasi yang kira-kira sudah tidak anda perlukan, kemudian pada pengaturan atau setting, anda bisa melihat aplikasi mana yang menggunakan data paling banyak, dan anda bisa menonaktifkannya jika itu dirasa mengganggu.

  8. Mengatur setelan default untuk smartphone anda
    Anda dapat dengan mudah mengatur setelan default untuk aplikasi anda pada menu pengaturan atau setting dan menuju ke aplikasi. Di sini anda bisa melihat aplikasi yang diatur secara default, dan tergantung pada sistem operasi smartphone anda, anda bisa membersihkan setelan default tersebut seluruhnya, kemudian mengaturnya satu per satu.

    Alasan pengaturan ini adalah sering kali kita diminta untuk memilih satu daintara beberapa aplikasi untuk melakuka  tugas yang sama, misalnya diminta untuk memilih browser untuk membuka halaman web, dengan pilihan "gunakan terus aplikasi ini" atau "hanya gunakan saat ini saja", yang terkadang membuat kita jengkel.

  9. Mengatur penggunaan ruang memori
    Bila memori pada perangkat android anda sudah penuh, maka dapat mempengaruhi kecepatan smartphone anda dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu pindahkan file-file foto, video atau musik yang dianggap tidak diperlukan pada komputer anda atau gunakan kartu memori untuk menyimpan data-data tersebut. Selain itu juga, anda bisa meng-unistall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak diperlukan karena memakan ruang penyimpanan.
  10. Mencoba menggunakan widget
    Banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan penggunaan widget. Widget tersebut dapat ditambahkan pada homescreen sehingga memudahkan anda untuk melakukan akses secara cepat pada apa yang anda inginkan seperti melihat agenda tugas, melihat keadaan cuaca, pesan-pesan, navigasi dan sebagainya.

  11. Menggunakan launcher dan rasakan suasana baru
    Anda dapat mendownload launcher untuk lebih memudahkan pada pengaturan aplikasi, mengkustomisasi homescreen, selain itu juga anda dapat mengubah cara interaksi anda dengan interface, ataupun menambah kontrol pada perangkat anda.

    Ini adalah salah satu kelebihan android, yaitu jika anda tidak menyukai sesuatu tentangnya, anda bisa mengubahnya sesuai dengan apa yang anda inginkan, bahkan anda tidak perlu melakukan root.
  12. Menggunakan android device managerSalah satu hal yang cukup penting, yaitu anda bisa menggunakan android device manager untuk melindungi privasi anda, dengan aplikasi ini, bila sangat diperlukan anda bisa melacak keberadaan atau lokasi perangkat anda, menguncinya dan kemudian melakukan reset, dalam artian anda bisa menghapus semua data pada perangkat android anda.

  13. Jangan lupakan file manager
    Dari file manager, anda dapat menyalin atau menghapus file-file yang anda inginkan. Dari sini juga anda bisa mengetahui berapa banyak ruang penyimpanan data yang sudah anda gunakan, dan berapa banyak lagi ruang penyimpanan yang tersisa.

    Ini adalah cara lain yang mudah untuk menambah ruang penyimpanan pada perangkat android anda, karena anda bisa mengakses semua file-file termasuk yang biasanya disembunyikan.
Itulah tips-tips sederhana yang dapat membuat smartphone android anda menjadi lebih baik, semoga informasi ini dapat berguna dan memberikan banyak manfaat.

Post a Comment for "12 Tips Agar Smartphone Android Anda Lebih Baik"