Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membeli Laptop Yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Membeli laptop yang bagus adalah hal yang mudah, jika hanya sekadar membeli, anda tinggal datang ke toko laptop tersebut, kemudian memilih warna atau model yang cocok, jika harga sesuai kemudian dilanjutkan dengan melakukan transaksi.

Namun, pertanyaannya apakah laptop itu memiliki kualitas dan ideal sesuai dengan keinginan anda? Karena rata-rata pemikiran konsumen adalah

Mahal berarti bagus

Kenyataannya hal seperti ini terkadang membuat pembeli kecewa, karena laptop yang sudah mereka beli ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan, padahal mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk barang tersebut.

Validkah istilah :
Harga tidak pernah berbohong
Tips Membeli Laptop Yang Bagus Sesuai Kebutuhan
Apa saja tips membeli laptop?
Dibalik itu semua. ternyata ada beberapa tips yang tidak akan pernah lekang oleh waktu sebagai panduan terpercaya untuk membeli laptop.


Daftar Tips Sederhana Sebagai Pertimbangan Dalam Membeli Laptop

Aturan-aturan sederhana di bawah ini dapat membantu anda menemukan laptop yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Memilih ukuran layar
    Memilih ukuran layar ini terkadang menjadi hal yang sering dilupakan oleh para calon pembeli. Orang-orang biasanya tidak memberikan perhatian lebih pada hal ini, namun ukuran layar menjadi hal yang vital pada pemilihan sebuah laptop.
    Pernyataan "ukuran bukanlah masalah" adalah salah satu kesalahan terbesar ketika membeli laptop
    Lain halnya ketika anda membeli komputer dekstop, anda bisa dengan mudah memilih layar monitor yang besar ketika anda menyukainya, atau ketika keadaan keuangan memungkinkannya.
    Namun, walaupun anda bisa menghubungkan laptop pada monitor, bukan ini inti permasalahannya.

    Bila anda sering bepergian, maka ukuran layar laptop yang besar seperti 17-18 inci bukanlah ukuran yang praktis bahkan bisa membuat ribet, walaupun mungkin ukuran ini memiliki  resolusi yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang bagus secara keseluruhan.

    Sebaliknya, laptop dengan ukuran layar lebih kecil dari 13 inci, memberikan tampilan yang terlalu sempit, mungkin anda tidak menginginkannya.

    Oleh karena itu, survey yang sudah dilakukan adalah ternyata laptop dengan ukuran layar 14 - 15 inci adalah laptop yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia.
  • Memilih brand laptop
  • Ya, ini juga terkadang merupakan hal yang sulit. Dibawah ini adalah merk laptop terpercaya dari ranking paling atas sampai paling bawah di tahun 2106 dari laptopmag.com berdasarkan desain, review, tech support, software, inovasi, serta nilai dan pemilihan.

    10 brand laptop tersebut adalah :
    1. Apple
    2. Dell
    3. Asus
    4. Lenovo
    5. MSI
    6. HP
    7. Microsoft
    8. Acer
    9. Samsung
    10. Toshiba

    Untuk di Indonesia sendiri, di bawah ini adalah merk yang paling laris sampai saat ini :
    1. Lenovo
    2. HP
    3. Dell
    4. Apple
    5. Acer
    6. Asus

    Suatu brand dapat melibatkan perasaan emosional bagi calon pembeli ketika mereka membandingkannya dengan brand yang lain, sehingga tidak dapat berpikir secara rasional terhadap spesifikasinya.

    Namun, brand memiliki suatu alasan yang penting. Seperti track record brand tersebut untuk kekuatan dan daya tahan produknya, harga, lama garansi yang diberikan, tempat servis resmi yang mudah dan jangan lupakan juga mengenai hal lain di luar komponen-komponennya internalnya seperti tas laptop, stand monitor, perangkat bluetoth dan lain-lain.
     
  • Memilih Spesifikasi
    Kalau sudah berbicara mengenai budget, maka faktor inilah yang dapat menetapkan sebagus mana laptop anda. Karena biasanya spesifikasi yang terbaik akan beerbanding lurus dengan harga yang lumayan.

    Sebagai calon pembeli, anda harus memikirkan mengenai :
    1. Model CPU
    2. Memori RAM
    3. Kartu Grafis
    4. SSD hard drive
    Hal yang paling penting yang harus diperhatikan ketika memilih spesifikasi laptop adalah mengetahui untuk apa anda akan menggunakan laptop tersebut.
    Misalnya, untuk laptop yang anda butuhkan untuk gaming ataupun dihubungkan dengan perangkat VR, maka laptop ini harus memiliki spesifikasi Grafik dan CPU yang bagus, dengan kata lain konfigurasinya akan memakan biaya yang lebih tinggi.

    Namun juga jangan sampai anda membeli laptop dengan harga yang dibilang mahal. dengan spesifikasi yang terbilang wah, hanya untuk digunakan mengetik di Ms. Word, internetan atau hanya untuk mendengarkan lagu, tapi ini hanya saran dari segi ekonomis, semua kembali pada pribadi masing-masing.
  • Memilih platform PC atau Mac?
    Memilih diantara kedua platform ini bukanlah hal yang mudah, saat anda menelusuri di Google search, anda dapat menemukan bahwa Mac lebih baik, namun juga anda akan menemukan pernyataan bahwa PC yang lebih baik.

    Apa yang harus anda ketahui mengenai dua jenis platform ini adalah kedua jenis platform ini sangat berbeda, dan perbedaan ini sebagian besar adalah murni dari segi estetika.
    Namun, bukan hanya sekedar tampilan saja, karena faktanya adalah kebanyakan desainer grafis profesional , menggunakan Mac, karena mereka mengklaim bahwa Mac merupakan platform terbaik untuk desain.

    Sebaliknya, untuk para pecinta game, maka platform PC selalu menjadi pilihan utama dibandingkan dengan platform lainnya.

Kesimpulan

Ada 3 hal yang utama yang dapat disimpulkan yang dapat menetapkan kualitas dan kinerja dalam memilih laptop, ketiga hal tersebut adalah :
  • Tujuan penggunaan laptop tersebut
  • Kisaran budget yang anda miliki
  • Pilihan secara pribadi atau personal
Akhirnya semuanya akan kembali pada pilihan anda secara pribadi pada laptop tersebut, karena anda perlu memilih perangkat yang dapat memenuhi semua kebutuhan anda.

Demikianlah artikel mengenai Tips Membeli Laptop Yang Bagus Sesuai Kebutuhan, semoga dapat membantu anda dalam menemukan laptop yang anda inginkan.

Post a Comment for "Tips Membeli Laptop Yang Bagus Sesuai Kebutuhan"