Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keren! Teknologi Solar Cell Dengan Efisiensi Terbesar Di Dunia Berhasil Diciptakan

Teknologi solar cell dengan efisiensi 44.7% - Para peneliti di Jerman berhasil membuat solar cell atau sel surya dengan efisiensi sampai dengan 44.7%, yang diukur pada konsentrasi 297 suns. Berarti, sebesar 44.7 % spektrum energi surya dari ultra violet sampai infra merah berhasil diubah menjadi energi listrik.

Ini merupakan langkah penting menuju efisensi sebesar 50% yang bertujuan mengurangi biaya untuk listrik yang berasal dari energi surya.

Solar Cell Dengan Efisiensi Terbesar Di Dunia
Solar Cell Dengan Efisiensi Terbesar Di Dunia
Credit: © Fraunhofer ISE
Rekor dunia ini diumumkan oleh The Fraunhofer Institute for Solar Energy Systems ISE, Soitec, CEA-Leti dan Helmholtz Center Berlin. Rekor ini telah melampaui rekor solar cell yang telah diperkenalkan sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, yaitu dengan efisensi sebesar 43.6%.

Teknologi Yang Digunakan Pada Sel Surya

Sel-sel surya ini menggunakan teknologi yang disebut dengan concentrator photovoltaics (CPV). CPV lebih unggul karena memiliki  efisiensi lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan pembangkit listrik PV konvensional yang berada pada lokasi dengan intensitas sinar matahari yang tinggi.

Sel surya ini terdiri dari 4 sub-sel surya berdasarkan pada senyawa semikonduktor untuk digunakan pada concentrator photovoltaics.

Teknologi yang digunakan aslinya berasal dari bidang antariksa, yang disebut dengan III-V multi-junction solar cells. Membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk membuat teknologi ini. Teknologi tersebut mampu merealisasikan efisensi tertinggi untuk konversi cahaya matahari menjadi listrik.

Pada multi-junction solar cells ini, beberapa sel dibuat dari material III-V semikonduktor yang berbeda dan saling bertumpuk satu sama lainnya. Subsel tunggal akan menyerap panjang gelombang yang berbeda dari spektrum surya.

Teknologi lainnya yang memegang peranan penting disebut dengan wafer bonding, yang memungkinkan untuk menghubungkan dua kristal semikonduktor, sehingga dihasilkan kombinasi semikonduktor optimal untuk membuat sel surya dengan efisiensi tertinggi.

Rekor dunia ini telah meningkatkan efisiensi lebih dari satu poin dalam kurun waktu kurang dari empat bulan saat didemontrasikan. Teknologi ini secara khusus digunakan di lokasi pembangkit listrik tenaga surya yang terletak di wilayah yang kaya akan sinar matahari dari radiasi secara langsung.

Saat ini, Soitec telah memiliki instalasi di 18 negara berbeda, termasuk Italia, Perancis, Afrika Selatan dan Amerika.

Post a Comment for "Keren! Teknologi Solar Cell Dengan Efisiensi Terbesar Di Dunia Berhasil Diciptakan"